Mengenal Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan Update Dan Terbaru

Fungsi.co.idMengenal Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan – Manajemen keuangan adalah salah satu kendaraan penting dalam mencapai tujuan keuangan perusahaan. Lalu bagaimana dengan manajemen keuangan di perusahaan perdagangan? Meskipun sekilas terdengar umum, manajemen keuangan mengatakan masih tabu yang dipahami oleh banyak orang. Faktanya, manajemen keuangan adalah salah satu elemen penting dalam hidup.

Mengenal Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan

Tidak hanya untuk bisnis, tetapi bahkan untuk kehidupan pernikahan. Manajemen keuangan penting untuk dipelajari bagi banyak orang yang ingin menggunakan uang mereka seefektif dan seefisien mungkin, terutama bagi mereka yang ingin melakukan bisnis.

Seperti yang dikatakan Kepher Petra dari Universitas Kisii, manajemen keuangan adalah salah satu bidang yang berfokus pada penggunaan modal, uang pinjaman, dan dana bisnis lainnya secara efisien dan efektif serta proses pengambilan keputusan yang tepat untuk memaksimalkan manfaat dan penambahan nilai tersebut entitas. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manajemen keuangan, cobalah mendengarkan ulasan berikut.

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Manajemen keuangan juga berarti menerapkan prinsip -prinsip manajemen umum pada sumber daya keuangan perusahaan.

Manajemen ini juga semua kegiatan yang terkait dengan cara untuk mendapatkan modal kerja, menggunakan, mengalokasikan, mengelola aset perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Artinya, ada minat untuk menciptakan dan mempertahankan nilai ekonomi perusahaan. Semua ini akhirnya bermuara pada penciptaan kesejahteraan pemilik bisnis dan karyawan.

Manajemen keuangan memiliki beberapa ruang lingkup, yaitu:

  • Keputusan Investasi, yang meliputi investasi dalam aset tetap dan investasi dalam aset lancar yang disebut keputusan modal kerja.
  • Keputusan Keuangan, ini terkait dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber, tergantung pada keputusan mengenai jenis sumber pendanaan, periode pembiayaan, biaya, dan hasil.
  • Keputusan Dividen, seorang manajer keuangan harus dapat membuat keputusan yang berkaitan dengan distribusi laba bersih ke dua bagian, yaitu kepada pemegang saham dan laba yang ditahan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi manajemen keuangan adalah untuk mempertahankan manajemen dana perusahaan dengan baik. Terkait dengan fungsi ini, ada lima fungsi lain yang perlu Anda ketahui.

·         Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan ini mencakup perencanaan uang tunai perusahaan. Selain itu, diskusi tentang laba atau rugi juga dapat menjadi salah satu aspek dari fungsi ini.

·         Alokasi Dana (Budgeting)

Penganggaran adalah fungsi yang terkait dengan proses alokasi dana untuk kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan bisa mendapatkan hasil maksimal dengan alokasi dana seefisien mungkin.

·         Kontrol (Controlling)

Mengontrol fungsi manajemen keuangan adalah proses kontrol dan evaluasi aliran dana yang berjalan di dalam perusahaan. Sehingga manajer keuangan dapat meningkatkan dan meningkatkan keuangan perusahaan.

·         Pemeriksaan (Auditing)

Dalam fungsi audit, proses audit keuangan perusahaan terjadi. Manajer keuangan dapat melihat apakah ada penyimpangan yang terjadi atau tidak.

·         Laporan (Reporting)

Pelaporan adalah fungsi yang terkait dengan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan.

Jika Anda tidak tahu tentang fungsi manajemen, pertimbangkan penjelasan fungsi manajemen lengkap Populix terlebih dahulu.

Selain di atas ada pula fungsi laiannya dari manjemen keuangan berikut fungsinya:

  • Estimasi Kebutuhan Modal: Manajer Keuangan harus membuat perkiraan mengenai kebutuhan modal perusahaan. Ini akan tergantung pada biaya dan manfaat yang diharapkan serta program serta kebijakan di masa depan. Estimasi harus dilakukan dengan cara yang memadai yang meningkatkan kapasitas pendapatan perusahaan.
  • Penentuan Komposisi Modal: Setelah estimasi dibuat, struktur modal harus diputuskan. Ini melibatkan analisis ekuitas utang jangka pendek dan jangka panjang. Ini akan tergantung pada proporsi modal ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan dan dana tambahan yang harus dikumpulkan dari orang luar.
  • Pilihan Sumber Dana: Untuk mendapatkan dana tambahan, perusahaan memiliki banyak pilihan seperti:
  1. Penerbitan saham dan surat hutang
  2. Pinjaman yang akan diambil dari bank dan lembaga keuangan
  3. Deposito komunitas akan ditarik seperti dalam bentuk obligasi.
  4. Pilihan faktor akan tergantung pada manfaat dan kerugian relatif dari setiap sumber dan periode pembiayaan.
  • Investasi Dana: Manajer keuangan harus memutuskan untuk mengalokasikan dana ke dalam bisnis yang menguntungkan sehingga ada keamanan dalam investasi dan pengembalian reguler.
  • Pembuangan Surplus: Keputusan laba bersih harus dibuat oleh manajer keuangan. Ini bisa dilakukan dengan dua cara:
  1. Deklarasi Dividen – Ini termasuk mengidentifikasi tingkat dividen dan manfaat lain seperti bonus.
  2. Laba Ditahan – Volume harus diputuskan yang akan tergantung pada ekspansi yang direncanakan, inovasi, dan diversifikasi perusahaan.
  • Pengelolaan Kas: Manajer Keuangan harus membuat keputusan yang terkait dengan manajemen kas. Uang tunai diperlukan untuk berbagai tujuan seperti pembayaran gaji dan gaji, pembayaran listrik dan tagihan air, pembayaran kepada kreditor, memenuhi kewajiban saat ini, mempertahankan inventaris yang memadai, membeli bahan baku, dll.
  • Pengendalian Keuangan: Manajer keuangan tidak hanya merencanakan, memperoleh dan menggunakan dana tetapi mereka juga harus mengendalikan keuangan. Ini dapat dilakukan melalui banyak teknik seperti analisis rasio, peramalan keuangan, pengendalian biaya dan laba, dll.

Tujuan Manajemen Keuangan

Harap dicatat bahwa tujuan manajemen keuangan tidak hanya terbatas pada manajemen dana di perusahaan. Beberapa poin di bawah ini juga merupakan tujuan implementasi proses manajemen ini.

·         Memaksimalkan Kekayaan Perusahaan

Kekayaan perusahaan seperti aset tetap dan keuangan tidak akan berguna jika hanya dimiliki tanpa dikelola secara maksimal. Terkait dengan fungsi penganggaran, penggunaan manajemen yang baik, kekayaan perusahaan akan membawa hasil maksimal.

·         Menjaga Arus Kas Perusahaan

Sering mendengar pepatah besar dari tiang? Salah satu tujuan manajemen keuangan adalah untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, yaitu dengan mempertahankan dan mengawasi arus kas perusahaan.

·         Mengurangi Risiko Operasional Perusahaan

Manajer keuangan akan dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi dengan strategi dan manajemen yang baik. Karena keputusan keuangan apa pun yang diambil akan mempengaruhi risiko bisnis yang dihadapi oleh perusahaan kapan saja.

Prinsip Manajemen Keuangan

Saat menerapkan proses manajemen dana, ada beberapa prinsip manajemen keuangan yang perlu dipatuhi.

·         Transparansi

Sebanyak mungkin perusahaan harus terbuka untuk pihak yang berwenang dalam proses manajemen uang. Prinsip Manajemen Keuangan Transparansi dapat ditunjukkan dengan memberikan informasi keuangan yang lengkap dan akurat tanpa manipulasi apa pun.

·         Akuntabilitas

Terkait dengan transparansi, prinsip akuntabilitas juga harus diterapkan. Dengan akuntabilitas, semua informasi yang diberikan harus diperhitungkan. Ini akan mempengaruhi ada atau tidak adanya penyimpangan keuangan di perusahaan.

·         Konsistensi

Sistem manajemen dana perusahaan harus dilakukan secara konsisten. Ini juga mempengaruhi munculnya risiko operasional karena perubahan sistem dalam manajemen keuangan.

Prospek Kerja Manajemen Keuangan

Dengan memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan, bukan tidak mungkin bagi Indvidu untuk dapat menemukan dan membangun prospek manajemen keuangan yang baik.

·         Manajer Keuangan

Secara umum, prospek manajemen keuangan adalah tanggung jawab manajer keuangan. Jelas jika profesi manajer keuangan benar -benar membutuhkan kemampuan dan keahlian di bidang ini.

Karena tanggung jawabnya adalah kesinambungan perusahaan itu sendiri, tugas manajer keuangan dianggap cukup berat. Jadi profesi ini biasanya dianggap sebagai

·         Pengusaha

Sebagai pengusaha tentu tidak ingin bisnisnya berjalan begitu saja tanpa membawa hasil maksimal. Dengan begitu, kemampuan manajemen yang baik dapat menjadi salah satu cara bagi operasi perusahaan untuk berjalan secara efektif dan efisien.

·         Akuntan

Seorang akuntan ditugaskan untuk membuat laporan keuangan untuk perusahaan, seperti laporan pajak. Selain itu, akuntan juga dapat mengevaluasi anggaran sebagai cara untuk meningkatkan keuangan perusahaan sendiri atau memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pendapatan.

Profesi ini sedikit berbeda dari manajer keuangan. Jika manajer keuangan cenderung mengambil bagian dalam alokasi dana untuk pengelolaan aset, biasanya seorang akuntan hanya akan bergulat dengan laporan keuangan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

·         Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan dalam proses manajemen ini mencakup kegiatan yang terkait dengan penggalangan dana untuk perusahaan dari berbagai sumber. Penentuan sumber tergantung pada keputusan jenis sumber, periode pembiayaan, jumlah biaya dan waktu pengembalian.

·         Keputusan Investasi

Seperti namanya, ruang lingkup ini terkait dengan kebijakan investasi di perusahaan. Dapat dalam bentuk aset tetap seperti bangunan, tanah, dan lainnya, atau juga dapat berupa aset keuangan seperti saham dan deposito bank.

·         Keputusan Dividen

Selain itu, ada keputusan dividen yang mencakup keputusan untuk mendistribusikan keuntungan kepada pemegang saham. Jumlahnya bisa tinggi dibandingkan dengan karyawan perusahaan lain.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *